Tak ayal masih banyak yang menganggap bahwa permainan (gim) adalah bentuk dari kesenangan belaka. Belajar dan bermain adalah dua variabel yang sangat jauh berbeda. Namun di dalam episode ini, Arif akan menjabarkan alasan mengapa dua hal tersebut tetap dapat bersatu di dalam satu kondisi, dan tetap tak menghilangkan esensi dari suatu proses pembelajaran.
Sebelum memahami lebih jauh apa itu Game Based Learning, alangkah lebih baik kita memahami apa itu konsep dari belajar. Dalam episode ini, Arif akan menjabarkan definisi tersebut, dan apa-apa saja yang membedakan Game Based Learning terhadap metode pembelajaran yang lain.
Apa itu gudang? Apa itu museum? Lalu mengapa dua hal ini dibenturkan dalam kelas Game Based Learning? Apa relevansinya? Simak dalam episode ini untuk mengetahui jawaban-jawaban tersebut.
Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas terkait Game Based Learning, Arif bersama teman-temannya dari Let's Play Indonesia akan mempraktikkan sebuah permainan kartu dan menjelaskan bagaimana mekanisme pembelajaran yang didapat dari aktifitas bermain tersebut.
Arif mengundang Handoko, temannya yang berprofesi sebagai guru di sebuah SMA di Surabaya, untuk membahas seberapa besar tingkat efektifitas penerapan Game Based Learning di pembelajaran dalam kelas. Bagaimana metode tersebut diterapkan, bagaimana tantangannya dan bagaimana Handoko menyikapi tantangan-tantangan tersebut untuk terus berkontribusi dalam mencerdaskan anak-anak didiknya.
Melengkapi dari pernyataan yang sebelumnya telah disampaikan oleh Handoko, teman dari Arif. Arif akan menambahkan tantangan-tantangan yang kerap muncul ketika Game Based Learning diterapkan dan bagaimana cara-cara dalam menyikapi hal tersebut.