Perkenalkan, Yunus Handoko. Seorang Dosen dan Praktisi Manajemen Sumber Daya Manusia, yang akan membagikan ilmu dan pengalamannya menggunakan sebuah tools yang banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Google, Intel, Amazon, dan Facebook dalam mengatur tujuan besar perusahaan dan menciptakan strategi dalam mengeksekusinya.
Untuk dapat memahami Objective & Key Results (OKR) secara menyeluruh, Yunus membagikan apa-apa saja konsep dasar yang harus dipahami dalam OKR, dan cerita dibalik mengapa akhirnya OKR dapat menjadi tools yang sangat efektif dalam mengelola sebuah perusahaan.
Setelah konsep dasar telah dipaparkan, Yunus lalu membagikan seperti apa gambaran atau bentuk awal yang nantinya akan dilakukan dalam memformulasikan OKR. Termasuk menciptakan 'inspiring mission statements' sebagai bahan bakar utama yang akan membawa perusahaan kepada sebuah tujuan, yaitu kesuksesan.
Menciptakan OKR sama seperti menciptakan sebuah sistem manajerial, ia harus terstruktur dan jelas pengarahannya. Untuk memahami itu, Yunus membagikan elemen-elemen dalam membuat OKR, bagaimana membuat Objectives, bagaimana membuat Key Results, dan bagaimana membuat Inisiatives dalam Key Results.
Memahami OKR tidak lengkap tanpa mengetahui contoh studi kasusnya. Untuk melengkapi itu, Yunus menggambarkan secara detail sebuah simulasi bagaimana sebuah OKR tercipta dan tereksekusi dalam perusahaan.
Proses align dalam OKR menjadi hal yang krusial, karena berfungsi dalam menyelaraskan tujuan yang sama bagi beberapa individu/divisi yang berbeda-beda. Yunus membagikan tentang apa-apa saja tahapan yang harus dilakukan dalam mengerjakan proses ini.
Setelah membagikan ilmu-ilmu tentang OKR secara menyeluruh, Yunus menceritakan alasannya mengapa ia begitu tertarik mempelajari OKR dan mengajak Anda untuk membuat sebuah komitmen manajemen yang kuat, tak hanya di dalam perusahaan tetapi juga di dalam kehidupan Anda.